A. SEJARAH MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah adalah lembaga yang sepenuhnya pengelolaannya dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Hikmah yang didirikan oleh Almaghfurlah KH. Badrus Sholeh Arief, pendirian lembaga ini dilatarbelakangi karena munculnya gagasan dari beliau untuk mendirikan lembaga pendidikan yang sepenuhnya dikelola oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah, akhirnya pada tanggal 18 Agustus tahun 1948 didirikanlah Lembaga Pendidikan yang diberi nama MTs. Al-Hikmah dan secara resmi dibukukan dalam akte pendirian No. L.m/3/479/B/1982. Namun selain mendirikan MTs. Al-Hikmah beliau juga mendirikan lembaga pendidikan lain yang diberi nama Kulliatul Muallimin yang kemudian berubah menjadi PGAN 6 tahun.
Akan tetapi pada tahun 1978 keluar peraturan yang menghendaki “PGAN” 6 tahun berubah menjadi MTsN dan MAN. Hal ini berarti di dalam lingkup pondok pesantren Al-Hikmah terdapat dua lembaga yang sama tingkatnya. Hanya beda status, yakni :
MTsN (berstatus Negeri, masuk pagi hari)
MTs. Al-Hikmah (berstatus swasta, masuk sore hari)
Namun keadaan ini membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi perkembangan MTs. Al-Hikmah, karena sebagian masyarakat beranggapan bahwa sekolah negeri lebih berkualitas dibanding sekolah swasta, hal ini menyebabkan penurunan jumlah siswa lebih dari seratus anak dari kelas 1 sampai kelas 3 (1985-1986).
Menurut kenyataan ini timbullah gagasan untuk mengoptimalkan kembali Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah pada tahun 1986 -1987 siswa masuk di pagi hari. Didukung dengan pindahnya MTsN dan MAN dari Pondok Pesantren Al-Hikmah sehingga MTs. Al-Hikmah mengalami perkembangan yang memuaskan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas siswa, terbukti lima tahun terakhir ini hasil Ujian Nasional Siswa MTs. Al-Hikmah lulus 100% dan Penerimaan Murid Baru selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.
MTs. Al-Hikmah pertama kalinya dikepalai langsung oleh KH. Badrus Sholeh Arief menyusul secara berurutan dikepalai oleh Drs. Karmani, H. Abdul Hafidz Izzuddin dan KH. Moch. Yahya Badrus, SH sampai dengan sekarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar